14.1.14

Cara Membuat Tas Anyaman Pandan-Mendong-Tikar

tas anyaman pandan
Pandan itu biasanya untuk apa? Biasanya sih untuk aroma makanan kan, dengan wanginya yang khas itu pandan sering digunakan untuk penambah aroma makanan, biar makin sedep gitu. Tapi tau gak sih? Tanaman pandan juga bisa dipakai untuk hal lain, salah satunya adalah untuk membuat tas kerajinan. Bagaimana cara membuat tas anyaman pandan? Untuk pengrajinnya sendiri pertama harus punya bakat ketrampilan, rajin dan teliti, tidak mudah menyerah, ah gitu deh.

Proses membuat anyaman pandan itu melalui beberapa tahapan, Secara sederhananya setelah pandan dipanen kemudian dibersihkan termasuk dibuang duri-durinya gitu. Lalu, daun pandan dipotong sesuai ukuran anyaman, misalnya 1 sentimeter (cm) hingga 3 cm.

Kemudian didiamkan sekitar enam jam, baru daun itu dilemaskan dan direndam dalam air biasa selama empat jam. Lalu setelah itu dijemur di terik matahari hingga berwarna keputihan. Nah setelah selesai dijemur itu maka daun pandan siap diwarnai. Setelah proses pewarnaan baru kemudian nunggu pengeringan selesai terus baru dianyam dijadikan tas pandan cantik yang siap digunakan untuk menunjang penampilan agar semakin nyentrik.

Demikian juga dengan tas anyaman mendong, dimana tamanan mendong itu diproses sedemikian rupa lalu dianyam menjadi tikar lalu di buat tas tikar yang unik gitu.

Dan ini ada informasi jika ada yang butuh tas tapi bukan tas etnik seperti diatas melainkan tas blacu atau tas spunbond untuk acara event bisa pesan disini atau kunjungi Grosir Tas Blacu dan Spunbond!



Related Posts

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong